Please wait 10 seconds...

Cara Pasang Custom Recovery TWRP di Android


Adalah fakta bahwa rooting memberi pengguna kendali penuh atas telepon . Apa yang membantu dalam mencapainya adalah pemulihan kustom TWRP untuk Android, alat yang diperlukan untuk me-rooting ponsel cerdas atau tablet Anda.

Dalam hal ini, peringatan adalah tindakan pencegahan terbaik. Berhati-hatilah bahwa jika Anda bersikeras menggunakan TWRP Custom Recovery App atau Android tanpa pengetahuan atau pengalaman teknis, Anda dapat menutup telepon Anda secara permanen, jadi waspada!

TWRP adalah komunitas sumber terbuka yang menyediakan pemulihan khusus untuk berbagai perangkat Android. Ia menawarkan pemulihan berkemampuan sentuh yang mudah dioperasikan bahkan oleh pengguna dengan sedikit atau tanpa keterampilan teknis.

Relatif, pemulihan khusus mirip dengan Pemulihan Windows. Ini berjalan di dalam partisi pemulihan & memungkinkan Anda untuk boot dari itu.

Keuntungan tambahan termasuk aksesibilitas file perangkat pada PC, daripada hanya menggunakan ponsel Anda.

Untuk pemahaman yang lebih baik, setiap OS yang menerima pembaruan sistem melewati proses booting yang memperbarui OS dalam pemulihan stok. Anda tidak dapat mendominasi proses seperti itu karena diset secara default.

Selain itu, pemulihan stok tidak dapat diakses oleh pengguna di perangkat yang tidak di-rooting. Namun, Anda dapat mengambil arah lain untuk melampaui masalah ini.

Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pemulihan khusus yang memberi Anda akses ke bagian perangkat yang sebelumnya tidak dapat diakses. Proyek Pemulihan TeamWin (abbrv. TWRP) menawarkan komunitas dukungan yang diperkuat di forum seperti XDA, yang menjadikan layanan pemulihan kustom yang unggul untuk semua perangkat Android.

Fitur-fitur penting dari pemulihan kustom TWRP untuk Android

  • Pencadangan & pemulihan NANDroid
  • Kemampuan mengelola file
  • Flashing folder ZIP
  • Menginstal kernel, SuperSU & G-APPS
  • Menginstal TWRP menggunakan Aplikasi Android
  • Pemasangan OTG opsional
  • Konsol terminal
  • Kompres cadangan
  • Tema mendukung
  • Sideloading ADB

Tim TWRP mengembangkan aplikasi khusus untuk menginstal pemulihan kustom TWRP hanya untuk Android. Tetapi untuk mempekerjakan, rooting harus ditempatkan pada perangkat Anda untuk dapat menggunakannya.

Menginstal TWRP Custom Recovery menggunakan File ZIP

  • Anda harus mengunduh file ZIP TWRP dari sini .
  • Kemudian, unzip file ini dan sambungkan ponsel Anda ke PC menggunakan kabel USB.
  • Sekarang, letakkan ponsel dalam mode ‘ fastboot ‘. Gunakan kombinasi tombol tertentu yang disarankan untuk perangkat Anda
  • Buka folder tempat TWRP diunduh di PC Anda.
  • Tahan tombol shift & klik kanan pada mouse untuk mengungkapkan ‘ Buka command prompt di sini ,’ klik di atasnya.
  • Untuk menguji apakah Anda berada dalam mode fastboot, ketik  adb devices  di jendela command prompt. Seharusnya menampilkan nomor model perangkat Anda di terminal.
  • Kembali ke folder dan buka file Flash.bat . Baca semua instruksi.
  • Proses ini hanya membutuhkan beberapa menit untuk menyimpulkan.
  • Kemudian pesan ‘ tekan tombol apa saja untuk melanjutkan ‘ menunjukkan bahwa Anda telah selesai mem-flash TWRP custom recovery ke Android Anda.

Reboot ke Android

Setelah Anda memulai aplikasi TWRP, Anda akan melihat opsi ‘ Reboot ‘ di layar utama , lalu tekan untuk me-restart sistem atau Matikan untuk me-reboot Pemulihan dan untuk boot ke Bootloader.

Selesai! Sekarang, Anda diizinkan untuk mengakses bahkan perangkat yang terbuat dari batu bata ketika Anda menghubungkannya ke PC Anda dengan kabel USB. Meskipun tidak akan ada OS yang diinstal.

Membuat cadangan Nandroid

Cadangan Nandroid adalah jenis cadangan file apa pun yang Anda miliki di perangkat Anda dari file yang dirancang untuk seluruh sistem. Namun, penting untuk menggunakannya sebelum mengutak-atik pemulihan kustom baru.

Akses layar beranda TWRP, dan ketuk ‘ Cadangan ‘ untuk memulai dan meninggalkan folder yang dipilih sebelumnya untuk pencadangan dan geser slider ke arah bawah untuk memulai proses.

Mencadangkan seluruh sistem Anda menentukan atribut berikut

  • DATA
  • SISTEM
  • BOOT
  • MISC
  • CACHE
  • EFS
  • PEMULIHAN
  • MODEM
  • FIRMWARE_ROM
  • FIRMWARE_EMMC
  • CUST
  • PERSIST

Pastikan Anda menjaga setiap partisi yang disebutkan pada daftar di atas. Karena file-file sistem adat ini diperhitungkan sebagai integritas fungsionalitas sistem, terlepas dari OS.

Dengan kata-kata yang lebih sederhana, ia merancang tumpukan file gambar untuk sistem agar dapat membaca dan menarik kesimpulan dari selama proses pemulihan pada perangkat Anda.

Nandroid menawarkan keamanan lebih lanjut ke sistem melalui galeri foto yang dibuat sebelumnya. Salah satu kelemahannya adalah bahwa trik ini pada akhirnya menghabiskan banyak ruang, seperti halnya drive pemulihan PC Anda.

Seperti kata pepatah ketika datang ke Android ‘ Safety first .’ Melihat bagaimana ini Android, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menyimpan salinan cadangan tambahan di komputer Anda juga menggunakan kabel USB. Pastikan Anda memberi nama folder ” TWRP / Cadangan ” dan simpan secara terpisah.

Opsi cadangan lainnya

Anda akan menemukan beberapa alternatif cadangan di sebelah tab cadangan seperti ‘ Enkripsi ‘ dan ‘ Opsi ‘ ‘. Tab Opsi berisi tiga kotak untuk memeriksa-

Aktifkan kompresi – Untuk mengurangi konsumsi ruang, Anda dapat mengompres file cadangan Anda dengan mencentang ‘Aktifkan kompresi’.

Lewati pembuatan MD5 selama pencadangan – ini menambahkan hash MD5 untuk setiap file. Ini fitur tambahan tetapi tidak diperlukan. Dengan demikian, Anda dapat membuangnya karena cadangan Anda bersifat lokal pada penyimpanan sistem.

Nonaktifkan pemeriksaan ruang kosong sebelum pencadangan – Anda dapat mencentang kotak ini jika Anda tidak memiliki masalah ruang untuk menyimpan file cadangan.

Enkripsi- untuk memulihkan dari cadangan yang sama dengan tab ‘Enkripsi’ menyiapkan kata sandi yang kuat.

Menginstal folder ZIP atau ROM

Instal file ZIP apa pun di penyimpanan internal sesuai dengan preferensi Anda. Tanpa persyaratan keterampilan tinggi, Anda dapat dengan mudah memulai proses ini untuk menginstal file sistem yang Anda inginkan. Ketuk tombol yang ditampilkan yang disebut ‘ INSTALL ‘ untuk memulai proses dalam kerangka TWRP.

Pilih unit penyimpanan dan instal file gambar seperti recovery.img secara langsung dan lokasi di memori internal, USB OTG, kartu MicroSD dan konfirmasikan.

Selama instalasi, ZIP flashing memungkinkan Anda memilih hingga 10 file sekaligus. Anda dapat memilih beberapa ZIPS sekaligus atau menghapus Antrian ZIP juga. Terakhir, geser ke kanan untuk mengonfirmasi proses.

Menghapus

Ini memungkinkan Anda untuk menghapus secara selektif atau melakukan reset pabrik pada perangkat Anda.

Baik Anda pengguna TWRP yang berpengalaman atau pemula, disarankan untuk menyertakan penghapusan tingkat lanjut pada perangkat sebelum melakukan flashing pada ROM kustom apa pun.

Ini adalah cara cerdas untuk menghindari serangkaian kejadian seperti semua file korup yang langsung dihapuskan dari bagian mana pun di ponsel Anda. Juga, proses ini dapat menghentikan OS sebelumnya.

Secara default, fitur ‘ Wipe ‘ akan Anda minta untuk melakukan reset pabrik satu kali. Dalam hal ini, pastikan Anda memilih ‘ Penghapusan Lanjutan ‘ dan pilih setiap kotak centang kecuali untuk penyimpanan internal dan kartu MicroSD & USB OTG untuk penghapusan yang memadai dan aman pada sistem.

Ketahuilah bahwa, semua informasi dari partisi akan hilang begitu Anda menggunakan pengaturan ulang pabrik atau Penghapusan Tingkat Lanjut.

Juga, melakukan ini bisa menjadi penyelamat terutama ketika Anda perlu memperbaiki, gunakan penyimpanan di mana Anda dapat menginstal ROM kustom atau mengubah sistem file sambil menghadapi masalah dengan partisi.

pemulihan kustom android twrp

Pilih alternatif berikut untuk Penghapusan Lanjutan, lalu geser ke kanan untuk menghapus.

  • DALVIK / SENI ART
  • SISTEM
  • DATA
  • CACHE
  • CUST

Pulihkan dari cadangan yang ada

Melakukan pengembalian dari cadangan yang lebih lama bisa menjadi solusi terutama jika Anda telah bermain-main dengan Mod dan Anda tanpa sengaja merusak sistem yang tampaknya tidak mem-boot OS.

Untuk itu, akses layar utama TWRP, ketuk tombol Pulihkan dan itu akan menampilkan daftar semua cadangan yang Anda gunakan saat ini.

Dengan satu ketukan tunggal, Anda dapat memilih cadangan, lalu partisi gambar akan tersedia untuk dipulihkan. Abaikan partisi tesis ini dan lanjutkan ke pemulihan berikut dengan menggesek slider.

Akhirnya, setelah Anda menyelesaikan fase mudah ini, Anda akan dapat menemukan semua sistem file Anda seperti pada saat Anda membuat cadangan.

Memperbaiki izin

Pada OS Android, izin yang sebelumnya Anda tetapkan mungkin akan terpengaruh sebagai hasil dari mem-flash mod dan menginstal aplikasi root.

Jika Anda telah menetapkan izin Aplikasi apa pun untuk aplikasi yang paling sering digunakan, ingatlah bahwa aplikasi tingkat sistem mana pun akan membutuhkan izin yang ditetapkan dengan cara tertentu agar dapat berfungsi dengan baik.

Jika tidak, aplikasi akan macet dan Anda akan menghadapi beberapa bug kecil lainnya. Untuk menghentikan crash dan ancaman bug, pembuat aplikasi bermain-main sebagai dukungan yang bertindak di back-end untuk memperbaiki izin dan untuk menyerang masalah crash.

TWRP memungkinkan Anda untuk mengatur ulang izin sesuai dengan kebutuhan sistem. Akses menu utama, pilih ‘ Lanjutan ‘ lalu ketuk ‘ Perbaiki Izin ‘ dari menu berikutnya.

Terakhir, geser slider ke kanan dan aplikasi akan memberikan izin untuk semua folder mereka secara otomatis.

Kembali ke Android

Buka menu utama, ketuk ‘Reboot’, lalu ketuk Sistem untuk boot kembali ke Android untuk menyelesaikan TWRP dan kembali menggunakan Android Anda.

Kesimpulan

TWRP meletakkan dasar untuk rooting perangkat Android apa pun. Ini adalah program yang paling banyak digunakan yang membuat penggunaan Android jauh lebih menyenangkan. Jika Anda belum menginstal TWRP, Custom Recovery, Anda sekarang dapat mengakses Google Play Store untuk mengunduh aplikasi TWRP Resmi untuk Android.