Cara Mengatur VPN di Router

Pengguna internet rata-rata terus-menerus terpapar bahaya terkait keamanan dan privasi online. Perusahaan dan peretas mencoba mengumpulkan informasi pribadi untuk keperluan mereka, dan tidak banyak yang bisa dilakukan oleh rata-rata pengguna. Cara terbaik untuk tetap terlindungi adalah dengan menelusuri internet menggunakan Virtual Private Network atau VPN.

Menggunakan VPN akan memastikan koneksi pribadi yang terenkripsi ke internet, yang memiliki banyak manfaat bagi pengguna rata-rata. Namun, menghubungkan perangkat Anda ke VPN itu menyakitkan, dan apa yang terjadi ketika Anda memiliki beberapa perangkat yang membutuhkan perlindungan, seperti jika Anda berada di pengaturan kantor atau menggunakan konsol game Anda?

Untuk menghindari kesulitan menghubungkan beberapa perangkat secara terpisah, Anda dapat menginstal VPN langsung ke router Anda, memastikan penjelajahan yang aman ke semua perangkat yang terhubung.

Instalasi VPN & Manfaatnya

VPN adalah solusi murah untuk masalah serius, dan semua orang harus mempertimbangkan untuk menggunakannya. Untuk memastikan itu selalu berjalan di beberapa perangkat, Anda perlu menginstal VPN langsung ke router Anda. Dengan melakukan ini, perangkat Anda, rekan kerja, atau teman yang terhubung ke WiFi Anda juga akan memiliki perlindungan yang diperlukan.

Keuntungan lain dari menginstal VPN secara langsung ke router Anda adalah Anda terhindar dari gangguan memuat VPN berkali-kali. Dengan layanan VPN di router Anda, itu berjalan setiap saat, dan Anda dapat menghubungkan banyak perangkat dengan mudah. Dengan VPN yang sudah diinstal ke router Anda, yang harus Anda lakukan adalah menyalakan koneksi internet, dan Anda siap untuk menggunakannya. Proses instalasi sederhana, tetapi Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki router yang tepat dan penyedia VPN yang baik. Anda akan perlu:

  • Perute yang mendukung penggunaan VPN
  • Penyedia VPN yang mendukung koneksi router
  • Beberapa menit untuk mengatur semuanya

Pengaturan & Pengaturan Router

Langkah pertama adalah memastikan Anda memiliki router yang dapat menjalankan perangkat lunak VPN. Tidak semua router mendukung penggunaan VPN, jadi Anda perlu memeriksa manual router atau hanya Google itu. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan google [Router ID] + [VPN] Anda, dan itu seharusnya bisa dilakukan.

Jika router Anda tidak mendukung instalasi VPN langsung, jangan khawatir – Anda masih memiliki beberapa opsi lagi.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menginstal firmware baru ke router Anda, yang merupakan proses yang dikenal sebagai flashing. Ini adalah opsi default untuk diambil jika Anda ingin menjaga router Anda saat ini dan menghindari kerumitan membeli yang baru (yang akan kita bahas nanti). Dua opsi peningkatan firmware paling populer adalah DD-WRT dan Tomat, dan keduanya mendukung penggunaan VPN. Tidak semua router mendukung pembaruan firmware ini, jadi Anda perlu memeriksa daftar kompatibilitas:


List of DD-WRT supported routers
List of Tomato supported routers

Setelah Anda memastikan router Anda mendukung firmware baru, proses instalasi relatif mudah, dan yang harus Anda lakukan adalah mengikuti instruksi. 

Langkah-langkah instalasi yang tepat berbeda berdasarkan pada pilihan firmware Anda dan model router, tetapi Anda selalu dapat merujuk ke panduan instalasi resmi untuk masing-masing opsi:

DD-WRT Installation
Tomato Installation Guide

Kami akan membicarakan lebih lanjut tentang ini nanti. Sekali lagi, Anda harus memastikan router Anda didukung; jika tidak, instalasi mungkin akan menghancurkan router Anda sepenuhnya. Opsi lain yang Anda miliki adalah membeli router baru yang telah diinstal yang dilengkapi dengan instalasi VPN, atau untuk mendapatkan router yang kompatibel dengan VPN yang memberi Anda pilihan untuk memilih penyedia VPN yang Anda inginkan.

Meskipun prosesnya tampak rumit, sederhana sekali Anda mencobanya.

Memilih Penyedia VPN Anda

Ketika Anda 100% yakin router Anda mendukung penggunaan VPN; saatnya memilih penyedia VPN Anda. Perlu dicatat bahwa apa pun opsi router yang Anda pilih, sebagian besar penyedia VPN akan memenuhi persyaratan kompatibilitas. Premium VPN seperti NordVPN dan ExpressVPN dapat dengan mudah diinstal ke router Tomat atau DD-WRT, jadi tidak perlu khawatir tentang kompatibilitas.

Saat memilih penyedia, Anda harus mencari metrik kinerja dan dukungan online yang bagus. Hal-hal seperti laporan kecepatan, lokasi server, dan standar keamanan adalah yang penting ketika memilih VPN.

Setelah Anda menangani perute dan penyedia VPN, saatnya mengaturnya untuk penggunaan.

Menyiapkan VPN ke Router Anda

Seperti yang telah kami sebutkan, proses pengaturan berbeda berdasarkan penyedia VPN yang Anda pilih. Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti petunjuk pemasangan yang ditemukan di situs web mereka.

Jika router Anda langsung kompatibel dengan VPN, login dan atur konfigurasi untuk terhubung dengan server penyedia Anda. Setiap penyedia VPN harus memiliki panduan pengaturan terperinci untuk ini. Misalnya, NordVPN menawarkan tutorial terperinci untuk setiap opsi yang mereka dukung.

Jika router Anda tidak kompatibel di luar kotak, itu harus kompatibel dengan DD-WRT atau Tomat. Dalam hal ini, Anda harus menginstal firmware baru sebelum mengkonfigurasi VPN Anda. Proses ini sedikit lebih lama, tetapi tidak serumit yang Anda bayangkan.

Untuk mengatur VPN ke router secara manual, Anda harus melakukan hal berikut:

  • Unduh firmware
  • Pasang router Anda
  • Flash router
  • Hubungkan klien VPN

Unduh Router Firmware

Langkah pertama adalah memilih firmware mana yang akan digunakan sambil memastikan itu kompatibel dengan router Anda. Opsi yang paling populer adalah DD-WRT atau Tomat, dan Anda dapat memeriksa ulasan lengkap di sini . Pilih dan periksa kembali kompatibilitasnya dengan googling [Router ID] + [Firmware], ini akan memberi Anda informasi yang cukup untuk mengunduh file.

Pasang Router Anda

Peralatan yang disarankan untuk pengaturan VPN adalah menggunakan dua router dan koneksi internet. Namun, ini tidak selalu terjadi, dan beberapa router dapat melakukan pekerjaan sendiri. Idealnya, Anda ingin memiliki router primer yang terhubung ke komputer dan router sekunder yang digunakan untuk perangkat lunak klien VPN. Anda akan membutuhkan dua kabel ethernet untuk menghubungkan router utama ke komputer Anda menggunakan port LAN, dan ke router sekunder Anda menggunakan port WAN. Konfigurasi tersebut akan memungkinkan router sekunder Anda (diberdayakan oleh VPN) untuk terhubung ke koneksi internet router utama Anda.

Sekarang VPN Anda terhubung ke router Anda, dan inilah saatnya untuk menginstal firmware.

Flash Router

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, setiap router bekerja secara berbeda dalam hal meningkatkan firmware baru, jadi periksalah manual pengguna atau cari instruksi online. Prosesnya sederhana setelah Anda mendapatkan instruksi. Ikuti instruksi dan flash router Anda.

Hubungkan Klien VPN

Setelah router Anda ditingkatkan dengan firmware baru seperti DD-WRT atau Tomat, Anda dapat menghubungkannya ke klien VPN Anda. Petunjuk untuk proses ini tergantung pada penyedia VPN, jadi lihat tutorial di situs web mereka. Misalnya, NordVPN membuat proses ini mudah menggunakan aplikasi FlashRouters mereka . Setelah terhubung dan masuk, Anda harus memiliki akses ke fitur-fitur seperti lokasi, server, dan lainnya. Sekali lagi, prosesnya sangat tergantung pada penyedia, jadi pastikan Anda memeriksa situs web penyedia Anda untuk instruksi yang tepat.

Dan itu saja – Anda secara manual mengatur VPN ke router Anda.

Kesimpulan

Ada banyak manfaat untuk mengatur VPN di router Anda, dan ini merupakan cara terbaik untuk tetap terlindungi saat menjelajah internet. Meskipun prosesnya mungkin terlihat rumit, itu mudah setelah Anda mendapatkan instruksi. Prosesnya berbeda untuk setiap model router dan penyedia VPN, jadi Anda harus melakukan riset online. Panduan ini akan memberi Anda informasi dasar yang cukup untuk dilanjutkan, dan Anda yang menentukan bagaimana untuk melangkah maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *