Cara Memperbaiki Steam Tidak Bisa membuka di Windows 10

Steam adalah platform game digital paling terkenal tempat Anda dapat membeli dan memainkan game video. Sejumlah besar server perjodohan, streaming video, dan layanan jejaring sosial membuat Steam menonjol dari para pesaingnya dengan mudah. Untuk memulai dengan platform yang fantastis ini, yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh klien PC mereka. Namun, banyak pengguna mengeluh bahwa mereka tidak dapat membuka klien Steam mereka di sistem Windows mereka, akhirnya gagal meluncurkan permainan mereka.

Jadi, hari ini, kami akan menguraikan beberapa perbaikan yang bermanfaat dan terbukti untuk mengatasi masalah yang menakutkan ini. Kurator kami telah menghabiskan waktu cukup lama di belakang perbaikan ini untuk memastikan mereka benar-benar berfungsi. Karena masalah gagal meluncurkan Steam pada PC Windows Anda bervariasi pada faktor yang berbeda, tidak setiap solusi akan bekerja untuk Anda. Jadi, kami sarankan Anda mulai menerapkan perbaikan dari atas ke bawah kecuali Anda menemukan yang cocok untuk Anda.

Metode 1: Hentikan tugas Steam yang berjalan di latar belakang

Seringkali ketika Anda menutup klien Steam Anda, beberapa prosesnya tetap berjalan di latar belakang. Setiap kali Anda mencoba meluncurkan kembali klien, sistem Anda berpikir Anda mencoba untuk memulai proses yang sudah berjalan dan dengan demikian menolak untuk membuka klien sama sekali. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa banyak pengguna gagal membuka Steam pada PC Windows mereka .

Untuk mengatasi masalah ini, kami sarankan Anda menutup semua proses Steam yang berjalan di latar belakang dan kemudian meluncurkan kembali klien Steam Anda. Anda dapat menghentikan proses Steam seperti itu dengan cukup mudah dengan pergi ke task manager. Jika Anda menggunakan Windows 10, maka Anda dapat mengakses task manager hanya dengan mengklik kanan pada ruang kosong dan kemudian memilih Task Manager.

Jika Anda menggunakan versi sebelumnya seperti Windows 7 atau 8, maka Anda dapat meluncurkan task manager hanya dengan menekan Alt + Ctrl + Del . Ini akan memanggil task manager Windows di mana Anda akan melihat daftar semua proses yang sedang berjalan. Temukan semua proses yang terkait dengan Steam yang dapat Anda temukan dan hentikan. Untuk menghentikan proses tersebut, klik kanan pada suatu proses dan kemudian klik Akhiri tugas untuk menghentikannya.

Sekarang, luncurkan kembali klien Steam Anda. Jika Steam Anda tidak dapat dibuka karena proses yang tidak dihentikan dijalankan, maka Steam harus terbuka tanpa masalah saat ini.

Metode 2: Hapus data yang di-cache

Salah satu metode yang terbukti untuk meluncurkan klien Steam Anda dari tidak dapat membuka adalah menghapus data yang di-cache. Sama seperti cache toko browser Anda, klien Steam Anda juga menyimpan konten yang di-cache. Untuk membersihkan ini, Anda perlu untuk memulai menjalankan kotak dialog sistem Windows Anda dengan menekan Windows + R . Ketik perintah di bawah ini di kotak dialog ketika terbuka.

“Steam: // flushconfig”

Ini akan menyiram data Steam Anda yang di-cache. Jika Anda memiliki beberapa game yang sedang diunduh, mereka harus dimulai dari awal. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah mencadangkan data unduhan Anda  . Setelah Anda membersihkan konten Steam yang di-cache, buka kembali klien untuk melihat apakah metode ini dapat menyelesaikan masalah Anda.

Metode 3: Instal ulang klien Steam

Sering kali secara intuitif menginstal ulang perangkat lunak di Windows yang tidak dibuka pertama kali. Anda juga dapat menggunakan metode ini jika klien Steam Anda masih belum membuka setelah menerapkan dua metode pertama.

Pertama, Anda harus menghapus instalan klien Steam Anda, yang pada gilirannya, akan kehilangan semua data game Anda yang ada. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu membuat cadangan Steam Library Anda. Pergi saja ke drive tempat Anda menginstal Steam pertama kali dan cari folder bernama “steamapps” . Cadangkan folder ini dengan hanya menyalinnya ke tempat kosong lain di PC Anda.

Sekarang, Anda dapat menginstal ulang klien Steam lagi. Setelah instalasi selesai, cukup ganti folder “steamapps” yang baru dengan yang Anda buat sebelumnya. Ini akan memastikan instalasi Steam Anda yang baru berisi semua data game dari penggunaan sebelumnya.

Metode 4: Nonaktifkan perangkat lunak antivirus untuk sementara

Di masa lalu, kami telah diberi tahu oleh pembaca kami bahwa banyak dari mereka dapat membuka klien Steam mereka setelah menonaktifkan perangkat lunak antivirus mereka. Ini ada hubungannya dengan gangguan di antara beberapa proses antivirus dan proses Steam. Bagaimanapun, jika metode di atas gagal dan Anda masih tidak dapat meluncurkan klien Steam Anda, Anda dapat memeriksa dengan menonaktifkan antivirus Anda untuk beberapa waktu dan mencoba untuk membuka Steam.

Sebelum Anda menonaktifkan program antivirus Anda, kami ingin menarik perhatian Anda pada ancaman keamanan yang akan ditimbulkannya untuk sistem Anda. Karena menonaktifkan perlindungan malware Anda akan membuat sistem Anda rentan terhadap musuh potensial, Anda harus ekstra hati-hati saat berselancar di internet dan komunikasi jaringan lainnya.

Mengingat, Anda berhasil membuka klien Steam Anda setelah menonaktifkan perangkat lunak antivirus Anda; Anda harus berkonsultasi dengan vendor Anda sehingga Anda dapat menggunakan perangkat lunak antivirus bersama klien Steam Anda seperti biasa.

Metode 5: Kembalikan sistem Windows Anda

Sistem Windows menawarkan layanan yang nyaman yang memungkinkan pengguna mengembalikan sistem mereka ke tanggal yang lebih awal. Ini sering dapat menangani perubahan yang tidak diinginkan yang telah Anda lakukan dengan menyesuaikan pengaturan sistem, menginstal perangkat lunak baru, atau manipulasi sistem lainnya yang mengakibatkan Anda tidak dapat membuka klien Steam Anda. Memulihkan sistem Anda akan mengembalikan perubahan yang tidak diinginkan ini, dan konfigurasi sistem Anda akan sama dengan titik pemulihan.

Di bawah ini, kami menunjukkan kepada Anda alur kerja memulihkan sistem Windows 10. Memulihkan versi sebelumnya harus sangat mirip dengan ini.

Untuk memulihkan sistem Anda, buka menu sistem Anda dan masukkan “pemulihan” . Pergi ke panel kontrol pemulihan dengan mengklik “Pemulihan” dari pertandingan. Kemudian klik “Buka Pemulihan Sistem” dan ikuti instruksi dari sana untuk memulihkan sistem Anda dari titik sebelumnya. Di sini, memilih titik pemulihan sangat penting untuk menyelesaikan masalah kita. Jadi, pilih satu titik ketika Steam Anda berfungsi dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!