Cara Memperbaiki “Display Driver Stopped Responding and has Recovered” Di Windows 10

Banyak pengguna Windows 10 melaporkan bahwa pesan aneh muncul di layar mereka mengatakan: 
Display Driver Stopped Responding and has Recovered. Ini bisa membuat frustasi, terutama ketika Anda berada di tengah-tengah beberapa pekerjaan penting dan pesan kesalahan ini muncul.

Mari kita jelajahi masalah ini secara terperinci dan mencari cara untuk menyelesaikannya.

Cara untuk Memperbaiki ”
Display Driver Stopped Responding and has Recovered” Kesalahan

1. Perbarui Driver Anda ke Versi Terbaru

Ini adalah metode pertama dan paling berguna untuk menyelesaikan kesalahan ini yang sering muncul di layar. Seluruh masalah muncul karena fakta bahwa pengemudi berhenti berfungsi.

Lebih sering daripada tidak, ini disebabkan oleh versi lama dari driver yang sama. Namun, sebelum Anda melanjutkan dan memperbarui driver, Anda harus menghapus instalasi versi sebelumnya dari driver yang sama. Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah sederhana ini:

  • Unduh Display Driver Uninstaller

Pertama dan terutama, Anda harus mengunduh Display Driver Uninstaller di sistem Anda.

  • Jalankan alatnya

Selanjutnya, jalankan Display Driver Uninstaller. Sebagai aturan praktis, Anda harus menjalankan alat DDU ini dalam Safe Mode dan ikuti instruksi yang ditampilkan di layar.

  • Unduh driver yang diperlukan

Setelah driver dihapus, Anda sekarang dapat pergi ke situs pabrikan dan pergi ke bagian driver. Di sini, navigasikan ke driver yang diperlukan dan unduh berdasarkan kartu grafis Anda.

Setelah versi terbaru driver telah diperbarui, Anda seharusnya tidak lagi menghadapi pesan kesalahan yang sama.

Namun, meskipun telah melakukan semua langkah yang disebutkan di atas dan mengikuti instruksi, sistem Anda mungkin masih menampilkan pesan kesalahan yang sama.

Jika itu masalahnya, inilah yang perlu Anda lakukan.

2. Reset Efek Visual

Jika Anda baru saja mengubah pengaturan efek visual Anda, itu mungkin merusak kinerja sistem. Dengan demikian, solusi ideal di sini adalah kembali dan mengatur ulang pengaturan sehingga pengaturan driver dikembalikan ke normal.

Inilah yang perlu Anda lakukan:

  • Pertama, tekan ikon Windows pada keyboard Anda diikuti dengan tombol S. Di sana, ketik kata ‘lanjutan’ untuk mencari pengaturan yang relevan. Dari menu Pengaturan yang muncul, klik ‘Lihat Pengaturan Sistem Lanjut’.
  • Kotak pengaturan akan terbuka berisi berbagai tab untuk konfigurasi yang berbeda. Di sini, navigasikan ke tab ketiga – Tab lanjutan. Ini akan memberi Anda tiga bagian pengaturan yang berbeda. Anda harus pergi ke bagian pertama yang disebut ‘Kinerja’ dan klik pada ikon Pengaturan.
  • Ini akan membawa Anda ke panel pengaturan lain dengan tiga tab berbeda di bawah Opsi kinerja. Arahkan ke yang pertama disebut Efek Visual. Setelah ini, klik opsi pertama yang menyatakan ‘Biarkan Windows memilih yang terbaik untuk komputer saya’.
  • Setelah itu selesai, klik pada ‘Terapkan’ untuk membawa perubahan pada efek dan kemudian ‘OK’ untuk menyimpan perubahan ini.

3. Tingkatkan Waktu Pemrosesan GPU

Jika kedua metode di atas tidak bekerja untuk Anda, coba tambah waktu pemrosesan GPU Anda.

Waktu pemrosesan GPU dapat diubah tepat di registri. Untuk melakukannya, buka Registry Editor. Untuk ini, tekan ikon Windows bersama dengan R. Ini akan membuka kotak perintah Jalankan. Di kotak pencarian, ketik ‘ regedit ‘.

Ini akan membuka Registry Editor untuk Anda. Selanjutnya, navigasikan ke jalur berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Control \ GraphicsDrivers

Mungkin ada dua opsi dari sini. Dalam situasi pertama, Anda akan menemukan DWORD bernama TdrDelay di sini. Dalam hal ini, Anda dapat mengklik dua kali pada DWORD. Ubah nilai defaultnya dari 2 menjadi 8.

Atau, jika DWORD bernama TdrDelay tidak tersedia di editor registri ini, Anda bisa mengklik kanan pada area kosong dan membuat DWORD baru dengan nama yang sama. Anda harus mengikuti proses yang sama setelahnya. Dengan cara ini, Anda akan dapat meningkatkan waktu pemrosesan GPU Anda. Setelah ini selesai, Anda bisa menutup editor registri dan melakukan restart sistem untuk mengimplementasikan perubahan.

4. Metode Lain

Terlepas dari tiga metode utama ini, ada beberapa langkah kecil dan jelas yang bisa Anda ambil untuk menyingkirkan pesan kesalahan ini.

  • Hindari membuka aplikasi yang tidak perlu

Kadang-kadang, penyebab utama dari pesan kesalahan ini bisa sesederhana beberapa aplikasi yang tidak perlu dibiarkan terbuka. Beberapa aplikasi ini mungkin membuat banyak tekanan yang tidak berguna pada kartu grafis Anda yang mungkin menabrak driver.

Dalam situasi ini, setiap kali Anda menemukan pesan kesalahan khusus ini, sebaiknya perhatikan aplikasi yang terbuka. Selain itu, Anda dapat melanjutkan dan mencegah aplikasi bermasalah ini berjalan di latar belakang. Selain itu, Anda dapat menginstalnya kembali untuk memecahkan masalah ini.

  • Kartu grafis Anda perlu dibersihkan

Kartu grafis Anda umumnya menghasilkan banyak panas karena berfungsi, kadang-kadang menyebabkan overheating. Untuk mencegah kerusakan yang mungkin terjadi pada sistem, komputer mematikan kartu grafis. Ini berarti kartu grafis Anda akan dinonaktifkan untuk sementara waktu.

Anda juga dapat menggunakan beberapa perangkat lunak pemantauan suhu untuk mengawasi masalah-masalah yang terlalu panas. Selain itu, Anda dapat membersihkan kartu grafis secara berkala untuk mencegah masalah tersebut agar tidak terpotong. Metode paling sederhana untuk melakukan ini adalah membuka ruang komputer dan kemudian membersihkan debu yang menumpuk di heatsink dan kipas dengan memanfaatkan udara bertekanan.

Sekarang, Anda seharusnya dapat memperbaiki error 
Display Driver Stopped Responding and has Recovered di Windows 10 setelah mengikuti metode yang disebutkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!