Cara Memperbaiki Black Screen Di Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi yang menarik dengan penampilan yang ramping, dukungan pena dan sentuhan dan banyak fitur lainnya. Tetapi, seperti perangkat lunak lainnya, ia juga memiliki kesalahan. Salah satu masalah seperti itu adalah “Layar Hitam Kematian.” Nama yang cukup mengerikan di sana, tetapi pemecahan masalah itu tidak sesulit itu.

Jika Anda membaca artikel ini, maka Anda mungkin memiliki masalah layar hitam di komputer Windows Anda. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai alasan mulai dari driver layar usang hingga perangkat input atau output yang rusak. Berdasarkan laporan pengguna, layar hitam tampaknya muncul dalam beberapa cara, lebih khusus ketika menggunakan mode Project, menyalakan komputer Anda dari mode Sleep, atau setelah pembaruan Windows.

Pada artikel ini, kami menguraikan beberapa metode untuk memperbaiki masalah layar hitam di Windows 10.

Cara Memperbaiki Layar Hitam di Windows 10

1. Kembalikan Pembaruan Driver

Jika Anda memiliki masalah layar hitam di Windows 10 setelah pembaruan driver, maka Anda mungkin mengalami masalah ini karena pembaruan itu salah dan tidak stabil. Untuk memperbaikinya, Anda dapat mengembalikan driver ke versi sebelumnya.

Langkah 1: Tekan Windows + X kunci.

Langkah 2: Pilih Device Manager dari menu pop-up.

Langkah 3:  Dari jendela Device Manager, perluas menu  Display Adapters , lalu klik kanan pada opsi tampilan yang diberikan dan pilih  Properties .

Langkah 4: Pilih tab Driver , lalu klik pada opsi  Roll Back Driver . Ini menurunkan versi driver ke versi yang lebih lama yang Anda miliki sebelum pembaruan.

Catatan: Opsi Roll Back Driver akan berwarna abu-abu jika Anda tidak memiliki versi driver sebelumnya di sistem Anda.

2. Lepaskan Baterai Laptop Anda

Langkah 1: Keluarkan baterai dari laptop Anda.

Hasil gambar untuk mengeluarkan baterai dari laptop

Langkah 2: Tunggu sekitar 5 menit lalu nyalakan kembali baterai.

Langkah 3:  Sekarang aktifkan laptop Anda.

Dengan melakukannya, masalah layar hitam harus diperbaiki dan Anda dapat terus menggunakan laptop Anda seperti biasa. Metode ini berguna ketika Anda tidak dapat berinteraksi dengan laptop Anda atau bahkan mematikannya ketika layar hitam muncul.

3. Periksa kembali Tampilan Default

Bisa jadi Anda telah secara tidak sengaja mengubah tampilan ke monitor lain, yang biasanya terjadi ketika Anda ingin memproyeksikan sesuatu dari komputer Anda ke tampilan eksternal. Dalam hal ini, pastikan bahwa pengaturan tampilan diatur untuk menampilkan layar Anda dan bukan tampilan sekunder.

Karena tampilan Anda berwarna hitam dan Anda tidak dapat melihat apa pun, coba lakukan langkah-langkah di bawah ini hingga Anda memilih tampilan default.

Langkah 1: Tekan  Windows + P kunci.

Langkah 2: Navigasikan melalui tombol panah atas dan bawah, lalu tekan Enter. Tujuannya adalah untuk memilih  opsi hanya layar PC untuk memastikan bahwa komputer Anda belum beralih ke tampilan eksternal.

Terus ulangi proses ini sampai masalah terpecahkan, jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Nonaktifkan  Opsi Nyalakan Fast Startup

Langkah 1: Buka Pengaturan .

Langkah 2: Pilih Sistem .

Langkah 3: Pilih Power & Sleep .

Langkah 4: Pilih pengaturan daya tambahan di bawah Pengaturan terkait di sisi kanan layar.

Langkah 5: Klik Pilih apa yang dilakukan tombol daya dari panel navigasi kiri.

Langkah 6: Hapus pilihan opsi yang menyatakan ” Aktifkan startup cepat (disarankan) ” di bawah bagian  pengaturan Shutdown .

Langkah 7:  Sekarang pilih Simpan perubahan .

Ini adalah beberapa metode pemecahan masalah yang diharapkan dapat memperbaiki masalah layar hitam di Windows 10. Jangan lupa untuk me-restart desktop atau laptop Anda setelah mengaktifkan atau menonaktifkan serangkaian fitur. Beri tahu kami metode mana yang membantu Anda memperbaiki masalah ini, atau jika Anda menyelesaikan masalah menggunakan metode lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *