5 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan di Windows 10

Kehabisan ruang Hard Drive terlepas dari seberapa besar ruang penyimpanan komputer Anda? Muak melihat peringatan penyimpanan rendah ketika mengunduh file dari internet? Jika skenario ini terasa cocok, maka ini hanya artikel untuk Anda! Memori Hard Drive telah tumbuh secara luar biasa selama beberapa tahun terakhir dan begitu juga koleksi foto, film, musik, dan game Anda. Belum lagi, Solid State Drive (SSD) kehabisan ruang lebih sering. Singkatnya, perjuangan itu nyata.

Jika Anda kehabisan ruang penyimpanan pada PC Windows 10 Anda, maka berikut adalah beberapa metode di mana Anda dapat membebaskan ruang hard drive Anda dan menyingkirkan semua file yang tidak diperlukan.

Cara Mengosongkan Ruang Hard Drive di Windows

1. Pembersihan Disk

Itu selalu lebih baik untuk mencari beberapa cara built-in untuk menyelesaikan pekerjaan Anda ketika datang ke pemeliharaan perangkat komputer Anda. Untungnya, Windows memiliki aplikasi Desktop yang mudah digunakan untuk menyingkirkan file tidak penting dan sementara dari komputer Anda. Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1:  Buka bilah pencarian, ketik ” Disk Cleanup “, dan buka.

Langkah 2: Kotak dialog Disk Cleanup terbuka dan meminta Anda untuk memilih drive yang ingin Anda bersihkan. Klik pada menu drop-down dan pilih drive untuk dibersihkan. Ini akan menghitung dan menampilkan perkiraan jumlah ruang yang dapat Anda gunakan menggunakan alat ini.

Langkah 3: Sekarang, pilih jenis file yang akan dihapus. lalu klik  OK .

Langkah 4: Pilih drive yang diperlukan lagi dari kotak sembulan dan klik OK .

Langkah 5 : Sekarang pergi ke Opsi Lainnya dan klik  Bersihkan .

Langkah 6: Klik Hapus dari kotak dialog yang muncul.

Langkah 7: Demikian pula, ulangi proses untuk sisa drive.

2. Gunakan Sense Penyimpanan

Pengertian penyimpanan adalah fitur baru yang diperkenalkan oleh Windows 10 baru-baru ini pada bulan Oktober. Anda dapat mengaktifkan fitur ini untuk membiarkan Windows menghapus file sampah secara otomatis pada interval waktu tertentu. Berikut cara menggunakan fitur ini.

Langkah 1: Buka Pengaturan .

Langkah 2 : Pilih Sistem .

Langkah 3: Pilih Penyimpanan dari panel navigasi kiri.

Langkah 4:  Beralih pada  Sense Penyimpanan , lalu klik Kosongkan ruang sekarang .

Langkah 5: Windows akan menemukan semua file yang tidak perlu yang perlu dihapus, menghitung ukuran totalnya, dan menampilkannya. Anda dapat memilih atau membatalkan pilihan jenis file yang ditampilkan sesuai dengan kenyamanan Anda. Setelah selesai, klik Hapus file .

Langkah 6:  Untuk mengatur jadwal Sense Penyimpanan, klik pada  opsi Ubah cara kami membebaskan ruang secara otomatis .

3. File OneDrive Berdasarkan Permintaan

OneDrive’s Files On-Demand menghemat banyak ruang dengan menyimpan file Anda di cloud dan memungkinkan Anda untuk melihatnya langsung dari File Explorer tanpa harus mengunjungi situs webnya. Secara otomatis menyinkronkan file baru dan yang diedit dengan yang disimpan di OneDrive. Berikut cara menggunakan fitur ini:

Langkah 1: Ketik ” OneDrive ” di bilah pencarian dan pilih aplikasi OneDrive Desktop dari hasil pencarian.

Langkah 2: Atur folder OneDrive Anda dengan memasukkan detail akun Windows Anda. Di dalam folder ini, Anda bisa menempatkan semua file yang ingin Anda simpan di cloud OneDrive dan menghemat ruang.

Langkah 3: Sekarang buka File Explorer dan klik kanan pada ikon OneDrive dari panel navigasi kiri. Kemudian pilih  Pengaturan .

Langkah 4:  Di bawah bagian ‘File Sesuai Permintaan’, centang kotak yang mengatakan  Hemat ruang dan unduh file saat Anda menggunakannya , lalu klik tombol OK .

Sekarang, Anda bisa menyimpan file Anda di folder OneDrive dan menyimpannya di cloud sehingga Anda bisa menghemat ruang di komputer Windows Anda. Anda juga bisa mengonfigurasi OneDrive untuk menyinkronkan semua file secara otomatis. Versi gratis OneDrive menyediakan penyimpanan gratis 5GB sedangkan langganan berbayar menawarkan penyimpanan 1TB.

4. Copot Perangkat Lunak Tidak Berguna

Sebagian besar dari kita cenderung menginstal banyak perangkat lunak pada komputer Windows kita selama bertahun-tahun dan kita biasanya lupa untuk menggunakan sebagian besar dari mereka. Perangkat lunak semacam itu menumpuk untuk menempati sejumlah besar ruang penyimpanan, oleh karena itu, sebaiknya hapus perangkat lunak yang tidak berguna dari komputer Anda.

Langkah 1: Buka Pengaturan Windows .

Langkah 2: Pilih Aplikasi  >  Aplikasi & fitur .

Langkah 3:  Daftar semua aplikasi dan perangkat lunak yang diinstal ditampilkan. Klik pada panah di sebelah Urutkan berdasarkan filter, kemudian pilih  Ukuran dari drop-down untuk semacam apps berdasarkan ukuran mereka.

Langkah 4: Lihatlah semua aplikasi yang memakan banyak ruang dan hapus yang tidak ingin Anda gunakan lagi. Untuk melakukannya, klik pada aplikasi tertentu, lalu pilih Copot pemasangan .

Langkah 5:  Lanjutkan mencopot semua aplikasi yang tidak lagi ingin Anda gunakan untuk membebaskan ruang yang ditempati.

5. Nonaktifkan Hibernasi

Hibernasi adalah fitur di Windows yang merupakan kombinasi dari fitur Shutdown dan Sleep. Ini menyimpan kondisi PC Anda saat ini dan kemudian mematikannya. Dengan cara ini, ketika Anda menghidupkan komputer Anda, semua program, file, dan apa pun yang Anda buka sejak terakhir kali akan dibuka secara otomatis.

Meskipun Hibernasi adalah fitur yang sangat berguna, Hibernasi dapat mengambil banyak ruang di komputer Anda jika Anda menyimpan banyak file dan bekerja tetap terbuka. Oleh karena itu, yang terbaik untuk menonaktifkan fitur Hibernasi jika Anda ingin menghemat ruang.

Langkah 1: Buka Command Prompt .

Langkah 2: Ketik perintah berikut dan tekan Enter: powercfg / hibernate off

Langkah 3: Fitur Hibernasi telah dinonaktifkan sekarang. Setiap kali Anda ingin menyalakannya kembali, cukup masukkan  powercfg / hibernasi ke Command Prompt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!